|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » Pendidikan Bahasa Inggris Posted by [email protected] at 17/02/2020 12:54:54 • 1387 Views
ANALISIS PEMAHAMAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) DI SEKOLAH DASAR NEGERI BENDA, KOTA TANGERANGCreated by :
Alfian ( 218090781 )
Subject: | PENDIDIKAN KURIKULUM | Alt. Subject : | EDUCATION CURRICULUM | Keyword: | PEMAHAMAN GURU HIDDEN CURRICULUM |
Description:
Kurikulum sebagai salah satu komponen utama pendidikan terkadang sering
tidak diperhatikan dalam pengembangannya di sekolah. Padahal pengembangan
kurikulum sangatlah penting bagi sekolah karena penggunaan kurikulum formal saja
tidak cukup untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Kurikulum formal mendokumentasikan apa saja yang harus dikuasai oleh
peserta didik, dalam pembelajaran di kelas. Walaupun terkadang seorang guru mengajar
hanya menekankan pada pemahaman kongnitif saja, dan mengabaikan pemahaman
afektif serta psikomotorik yang semestinya juga dikuasai peserta didik. Padahal guru
sebagai sosok yang menyampaikan kurikulum dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan, diharapkan dapat mengembangkan ketiga aspek tersebut secara bersamaan.
Kegiatan pembelajaran SD Negri Benda yang dilakukan guru terlihat berbeda
dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru. Dalam RPP
pembelajaran hanya menekankan pada pemahaman kognitif yang tercantum dalam
tujuan pembelajaran, namun ketika dilihat secara faktual pembelajaran yang
dilaksanakan guru juga memberikan pemahaman-pemahaman nilai yang tidak
tercantum dalam RPP.
RPP yang dibuat guru di sekolah tersebut sama dengan RPP pada umumnya,
yaitu terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, alokasi waktu,
kegiatan pembelajaran dan komponen lainnya berdasarkan silabus. Silabus yang
digunakan sekolah ini mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan Revisi
sebagai kurikulum formalnya.
Date Create | : | 17/02/2020 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0549 | Collection ID | : | 16_0549 |
Source : LAPORAN PENELITIAN INTERNAL
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2020 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/analisis-pemahaman-guru-dalam-mengimplementasikan-kurikulum-tersembunyi-hidden-curriculum-di-sekolah-dasar-negeri-benda-kota-tangerang-14723.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-14723-16_0549.pdf - 1541 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970031
Hits Today : 775
Total Hits : 155083769
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|